Satu lagi hasil kreatifitas muncul dari kalangan aantri, kali ini dari pondok pesantren di Pulau Madura, Jawa Timur meluncurkan aplikasi android tata bahasa Arab, nahwu dan sorof. Aplikasi ini akan mempermudah para generasi muda mempelajari cabang ilmu bahasa Arab itu.

“Santri yang membuat dan meluncurkan aplikasi android nahwu dan sorrof ini adalah mahasiswa teknik Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan,” kata Dekan Fakultas Teknik UIM Pamekasan Dr Hozairi, Jumat (11/9).

Isi dari aplikasi andorid nahwu dan sorof itu masih berisi enam poin pembahasan, yakni deskripsi tentang fiil atau kata kerja, ciri-cirinya, fiil menurut waktunya, serta jenis dan susunan fiil. 
Selain itu, aplikasi yang dibuat santri mahasiswa UIM ini juga memuat fiil menurut objek, fiil menurut bentuknya serta fiil menurut susunannya.

Hozairi yang juga pembimbing pembuatan aplikasi ini mengatakan nama aplikasi android untuk tata bahasa Arab ini adalah tasrefan. 

Ia menjelaskan, jenis teknologi ini di satu sisi sebenarnya merupakan upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ke arah yang lebih bermanfaat.

Dengan aplikasi ini maka para santri dan generasi muda Muslim bisa belajar ilmu nahwu dan sorof dimanapun saja

semoga bermanfaat “Aplikasi Nahwu Sorof Karya Santri Madura” dikutip dari tajuk.co