Tahun ini, Kabupaten Gresik mengirimkan Juara 1 Cak & Yuk Gresik 2016 yaitu Cak Badik dan Yuk Melisa ke ajang pemilihan Duta Wisata Raka & Raki Jawa Timur 2017. Nantinya, mereka akan melaksanakan karantina di Hotel Aria Centra, Jalan Panglima Sudirman, Surabaya. 
Karantina dimulai pada tanggal 24 – 28 Maret 2014. Perwakilan Gresik akan bersaing dengan 37 pasang Duta Wisata dari Kabupaten / Kota lainnya di Jawa Timur untuk memperebutkan juara utaman dan juara atribut di Malam Grand Final.
Dalam Press Conference yang digelar Minggu (20/03) di Veranda Cafe Sabda Maulana selaku pimpinan paguyuban yang baru menjabat tahun ini menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan acara perdana dengan mengundang para sponsorship yang membatu acara Cak dan Yuk Gresik, dan mengundang juga berbagai media termasuk #inigresik yang sudah membantu mensupport.
Dalam acara tersebut pasangan Cak Badik dan Yuk Melisa juga memperagakan berbagai kostum yang akan dikenakan dalam event tersebut. seperti office attire, batik sarimbit, dan juga baju pakem yang Jawa Timuran yang akan digunakan di malam Grand Final.