GRESIK – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Nasional (BKKBN) Kabupaten Gresik menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat kabupaten 2016 di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Gresik, Jum’at (29/01) malam. 
Kepala BKKBN Kabupaten Gresik Dr. Adi Yumanto mengatakan, pemilihan Duta GenRe ini dilakukan dalam rangka sosialisasi program GenRe di lingkungan remaja yang bertujuan mencari bibit ungut sebagai pelopor dan model remaja sehat dan terencana. 
“Program GenRe dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja atau mahasiswa agar menjadi tegar remaja, yaitu remaja yang mampu melangsungkan pendidikan dengan terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan, “ujar Adi Yumanto. 
Menurutnya, sosialisasi program GenRe perlu dilakukan secara gencar kepada remaja, mengingat pentingnya pemahaman tentang perencanaan kehidupan keluarga bagi mahasiswa yang akan memasuki kehidupan berkeluarga. 
“Sosialisasi program GenRe oleh Duta GenRe di lingkungannya dirasa lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja, sehingga akan muda diterima,” lanjutnya.
Tahun ini, Duta GenRe yang berhak mendapat juara pertama adalah Ma’arif (Putra) dan Mila Ariefiani (Putri), secara otomatis keduanya akan mewakili Kabupaten Gresik mengikuti kompetisi pemilihan Duta GenRe tingkat provinsi. Sebelumnya delegasi Duta GenRe Gresik berhasil merebut juara 3 Duta GenRe Jawa Timur (Putra) tahun 2014 dan juara 1 Duta GenRe Jawa Timur (Putra) tahun 2015. 
Berikut hasil pemilihan Duta GenRe Kabupaten Gresik tahun 2016: 
  • Ma’arif dan Mila Ariefiani (Juara 1) 
  • Fakhri Assyauqi dan Rizki desy Wulansari (Juara Wakil 1) 
  • Reza Arfiyanreza dan Dysta Agmelia (Juara Wakil 2) 
  • Hakam Pranatagama dan Annisa Wahyuningtiyas (Juara Harapan) 
  • M. Kholil Barrirrohim dan Iin Safaati Nurjanah (Persahabatan) 
  • Reno Maulana Adityansah dan Riska Maulani (Inspiratif) 
Editor : @wahyufirsyah