Desa Kroman Kabupaten Gresik Bakal Disulap menjadi Desa Kelir. Yang dimaksud Desa Kelir adalah membuat desa tersebut lebih berwarna (kelir dalam Bahasa Jawa). Hal tersebut akan diwujudkan dalam kegiatan Bhakti Sosial yang diselenggarakan besok Sabtu (5/11) pagi tepatnya dimulai pada pukul 06.00 WIB. 
Sebanyak 104 bangunan seperti rumah penduduk, balai desa, masjid, langgar akan dicat bersama-sama oleh peserta Bhaksos termasuk Gus Ipul dan Iwan Fals juga ikut menyemarakkan.

Demikian yang disampaikan Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf saat mengunjungi Balai Desa Kramon Kabupaten Gresik, Jumat (4/11).

Ia mengatakan, Desa Kramon dipilih sebagai lokasi bhasos menjadi Desa Kelir karena beberapa pertimbangan. 

Pilihannya ada dua yakni Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Setelah dipertimbangkan dan konsultasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Gresik akhirnya Desa Kroman Kabupaten Gresik yang ditetapkan oleh Pramuka sebagai lokasi bhakti sosial. Sebanyak 400 orang dikerahkan untuk menyuseskan kegiatan Bhaksos di Desa Kroman ini.

Lebih lanjut disampaikannya, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai. Salah satu sasarannya adalah membangun kesadaran untuk cinta lingkungan dengan cara membuat kampung bersih. Agar kampung bersih dilakukan pengecatan bersama-sama antara dirinya, Iwan Fals, anggota Pramuka, Forpimda Gresik, masyarakat setempat. Pengecatan sudah dilakukan sejak tanggal 25 Oktober 2016.

“Dimulai dari cat rumah. 

Jika bagus akan dikembangkan ke berbagai daerah. Sementara ini masih dicat pada bangunan belum di gentengnya. Iwan Fals akan melakukan pengecatan dan penanaman pohon,” ujar Gus Ipul sapaan lekat Wagub Jatim.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga meminta kepada Pemkab Gresik dan Desa Kroman untuk membenahi fasilitas umum yang ada di Parkir Makam Syech Malik Ibrahim Gresik. 

Fasilitas umum seperti musholla dan toilet harus dibenahi, kemudian dikelola oleh masyarakat.

“Bikin musholla dan toilet yang bersih dan bermartabat untuk para peziarah. Apalagi jumlah para peziarah yang berkunjung jumlahnya bisa mencapai jutaan orang. Mudah-mudahan bisa ditata fasilitas umumnya menjadi bersih dan rapi,” jelasnya.

surabayaonline.co

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!