Judul gambar yang dimuat Jawa Pos Selasa 15 September 2015 merupakan berita hoax dan fitnah yang dimuat oleh grup Jawa Pos National Network (JPNN) beserta seluruh jejaringnya. Foto Erdogan dalam majalah itu merupakan hasil edit digital oleh majalah humor satire Turki, bernama Nokta. 

Dalam foto tersebut terlihat presiden Turki, Erdogan melakukan adegan selfie bersama tentara Turki yang gugur. JPNN mengambil gambar berita tersebut dari majalah Nokta. Nokta dikenal sebagai majalah yang bisa membuat atau menyebut apa saja tanpa etika untuk menjadikan bahan tertawaan bagi pelanggannya. 
“Sejatinya, itu adalah bentuk penghinaan oleh majalah Nokta terhadap para tentara yang gugur dan pimpinan negaranya sendiri. Semakin besar fitnah musuh-musuh Islam terhadap Presiden Erdogan, semakin besar kecintaan kami terhadapnya karena Allah” demikian tulis fanpage facebook Sahabat Erdogan yang berbahasa Indonesia.

Publik dapat menilai sendiri bagaimana ideologi dan nilai-nilai jurnalisme yang diusung majalah Nokta tersebut dari sejumlah sampul majalah tersebut.

[post_ads]
“Jawa Pos Juga Sebar Berita Hoax…. Ini Contohnya “
sumber : serambiminang.com