Gresik merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata religi yang paling sering dikunjungi. Selain dikenal memiliki potensi wisata religi, kota yang berada di pesisir utara provinsi Jawa timur menjadi salah satu alternative study wisata. Hal ini tidak terlepas dengan keberadaan ribuan pabrik yang hampir tersebar di seluruh kota Santri ini, beberapa diantaranya seperti PT. Semen Gresik, PT. Petrokimia Gresik, PT. Wilmar Nabati, PT. Smeelting, PT. Barata, dan masih banyak lagi. 
Tlaga Biru Gresik Seperti Kawah Putih Jawa Barat
Ternyata di kota yang dikepung ribuang pabrik ini memiliki potensi alam yang luar biasa, tepatnya di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Wisata alam potensial yang belum mendapat banyak perhatian publik maupun pemerintah ini sejatinya sangat berprospek apabila dikelola dengan baik dan benar.
Beberapa destinasi wisata alam seperti Telaga Biru, Goa Poso, Goa Kandang, Goa Golek, Goa Manuk, dan Goa Rubuh yang semuanya masih Nampak alami, asri, dan indah. 

Berbicara Telaga Biru sama halnya berbicara mengenai wisata alam tersohor Kawah Putih di Jawa Barat, namun Telaga Biru bisa dikatakan Kawah Putih khas Gresik. Telaga Biru yang airnya mengandung belerang, bermanfaat pula bagi penderita penyakit kulit. Uniknya, telaga ini tidak pernah keruh meskipun pada musim kemarau. Telaga Biru yang disekelilingnya pepohonan yang rindang Nampak asri dan teduh

Tak jauh dari Telaga Biru terdapat Goa Poso yang memiliki keindahan alam yang tak kalah jika dibandingkan dengan goa yang telah resmi menjadi objek wisata alam. Selain teduh dan rindanh, Goa Poso memiliki bebatuan alam dengan motif dan ekstur yang indah dan unik sangat tepat bagi anda pecinta batu atau pun akik. Namun jangan dieksploitasi ya dikhawatirkan nantinya akan merusak ekosistem.

Sementara Goa Kandang, Goa Golek, Goa Manuk dan Goa Rubuh tak ubahnya seperti goa-goa lain yang ada di Desa Lowayu. Menurut ceritanya Goa kandang ini dulunya digunakan sebagai tempat pengemblengan bagi warga yang tingkah lakunya kurang benar. Bagi kalian pecinta wisata alam, jangan mengklaim penikmat anugerah Tuhan sebelum dating di Desa Lowayu.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});