Tragedi kemanusiaan yeng menimpa etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar, membuat simpati dan menggerakan masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali di kota santri ini. Berikut beberapa pantauan aksi peduli Rohingnya yang ada di Gresik


1. PCNU
Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Gresik menggelar Sholat Ghaib, Istighosah dan Tahlil untuk saudara kita umat muslim Rohingya (Myanmar). Acara tersebut dilaksanakan pada :

Selasa, 12 September 2017
18.30 WIB, di halaman Gedung PCNU Gresik
(Jalan DR Wahidin S. H. No. 756, Gresik)

2. LAZIZNU
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik melalui Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shodaqoh, Nahdlatul Ulama (LAZIZNU) menggalang pengumpulan dana.

Aksi sosial tersebut dilakukan bersama puluhan relawan, mahasiswa dan pengurus LAZIZNU di perempatan lampu merah Kebomas, Gresik, Jawa Timur, pada Selasa sore, (12/9/2017). Sasarannya adalah pengendara yang lewat dari arah timur menuju ke Lamongan


3. PR Muhammadiyah Suci
Pasar Modern Suci dianggap oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Suci sebagai lokasi stategis untuk mendirikan posko peduli Rohingya tersebut. “Karena pasar adalah tempat berkumpulnya banyak orang”, begitu alasan Kiswanto Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Suci Gresik menjelaskan alasan lokasi pendirian Posko.

4. SMPIT Al Ibrah
Aksi Peduli Rohingnya, Senin (11/9) lokasi SMPIT Al Ibrah, para santri melakukan teatrikal membentuk tulisan Save Rohingya

5. Remaja Ujung Pangkah

Remaja Ujung Pangkah Peduli Rohingya tersebut, melakukan penggalangan dana kepada penduduk sekitar. Dana yang terkumpul hingga Minggu malam Rp 4,3 juta. aksi simpatik yang digelar pada Minggu (10/9/2017), juga diikuti para pelajar dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Sekolah Dasar (SD).

6. RS Muhammadiyah Gresik 
Sementara itu, Rida maelana, S kep. Ners koordinator penggalangan menyebutkan jumlah donasi yang telah terkumpul sebesar Rp. 14.674.000,-. “Dana tersebut berasal dari seluruh karyawan ditambah sumbangan dari RS Muhammadiyah gresik”, tutur Rida.

Tentu masih banyak lokasi lain yang belum masuk dalam daftar, seperti beberapa masjid yang menyumbangkan infak Shalat Jum’at untuk Rohingya, berbagai komunitas dan perusahaan yang menyumbangkan donasinya melalu berbagai lembaga kemanusiaan.