Kumpulan Tempat Wisata Yang Berada Di Sulawesi Selatan

Sama seperti daerah di Indonesia, Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam yang unik. Jadi tidak ada salahnya anda memasukkan daerah Sulawesi Selatan sebagai tujuan wisata liburan anda. Menemukan banyak tempat wisata di tempat ini sangat mudah terutama tempat wisata alam. Berlibur ke Sulawesi Selatan juga bisa menjadi alternatif jika anda bosan mengunjungi Bali maupun tempat wisata populer di Indonesia. Anda bisa menggunakan traveloka.com untuk membantu mempermudah anda dalam menentukan destinasi wisata yang anda tuju. Sebab ada banyak hal yang bisa anda kunjungi dari daerah ini, keindahan tempat wisatanya tidak akan membuat anda kecewa sehingga bisa memberikan pengalaman yang baik kepada anda. Apa saja beberapa wisata Sulawesi Selatan yang patut dikunjungi? Berikut penjelasannya.

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan di daerah ini adalah Pulau Samalona. Tempat wisata ini merupakan salah satu objek wisata bahari yang sangat terkenal bahkan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Hal ini membuktikan bahwa keindahan pulau ini diakui banyak orang. Jika anda menyukai menyelam maka pulau ini cocok menjadi destinasi wisata anda, sebab pulau ini menjadi salah satu spot menyelam di Sulawesi Selatan. Belum lagi pulau ini dikelilingi oleh karang-karang laut dimana terdapat berbagai ikan yang menghuninya. Jadi kegiatan menyelam anda akan memuaskan.
Pulau ini juga tidak jauh dari pusat kota Makassar dimana hanya berjarak 6,8 km, atau hanya memakan waktu 20 hingga 30 menit untuk tiba di pulau ini dengan menggunakan speed boat. Apabila anda ingin menginap di pulau ini juga tidak menjadi masalah sebab terdapat berbagai penginapan sederhana yang bisa anda pilih. Kebanyakan penginapan masih berbentuk homestay yaitu berupa rumah panggung. Akan tetapi penginapan tersebut dapat menampung hingga 20 orang. Apabila anda berkunjung di Pulau Samalona, jangan lupa untuk menikmati hidangan seafood yang segar.
2. Pulau Gusung
Jika anda sangat menyukai wisata pantai maka pulau ini merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungi. Pulau Gusung juga sangat dekat dengan pusat kota Makassar yaitu hanya 1.6 km. Jadi hanya memakan waktu 5 menit menggunakan speed boat untuk tiba di pulau yang satu ini. Pulau Gusung memiliki keunikan tersendiri, awalnya pulau ini dibentuk untuk menjadi tanggul yang membentang dari bagian utara hingga selatan sepanjang 1 km. Hal ini bertujuan untuk meredam ombak yang akan masuk ke pelabuhan Makassar agar tidak terlalu kencang. Namun seiring berjalannya waktu, terjadi proses sedimentasi terus menerus sehingga membuat pasir putih menumpuk di bagian utara tanggul tersebut. Tentunya pasir putih tersebut secara bertahap terus menumpuk dan ukurannya terus melebar hingga menjadi sebuah pulau.
Ada beberapa hal yang dapat di lakukan di Pulau Gusung, mulai dari bermain di pinggir pantai hingga melakukan snorkeling dan menyelam. Akan tetapi kebanyakan wisatawan berkunjung ke pulau ini bertujuan untuk berjemur maupun hanya bermain air saja.
3. Taman Laut Taka Bonerate
Salah satu daya tarik dari Sulawesi Selatan adalah lautnya, tidak heran jika anda bisa menemukan berbagai tempat wisata laut di daerah ini. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi adalah Taman Laut/Taman Nasional Taka Bonerate. Taman laut ini merupakan surga bagi para penyelam. Keindahan taman laut yang berlokasi di Kepulauan Selayar ini tidak perlu anda ragukan lagi. Jadi jika anda menyukai snorkeling maka wajib berkunjung ke tempat ini, tentunya di tempat ini anda bisa melihat berbagai macam hewan laut. Anda tidak hanya dapat menemukan ikan saja, namun juga hingga kura-kura dan terumbu karang yang bagus. Biaya masuk ke tempat ini juga sangat terjangkau, bahkan di tempat ini terdapat tempat penyewaan perlengkapan menyelam sehingga dapat mempermudah anda yang ingin menyelam nanti.

Keindahan alam dan keseruan berlibur dapat anda dapatkan ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, rencanakanlah liburan ke Sulawesi Selatan segera, dijamin kepenatan pekerjaan akan hilang.