Angka DBD tinggi pada tahun 2019 lalu, menurut data kemenkes sudah tercatat 13.683 pasien di seluruh Indonesia dengan pasien meninggal mencapai 132 orang. Menyikapi kondisi tersebut, Pocari Sweat berinisiatif mensupport para pasien demam berdarah dengan membagikan pocari sweat secara cuma cuma di rumah sakit – rumah sakit yang sedang merawat pasien demam berdarah. Target pembagian tersebar pada 11 kota antara lain Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar dan Makassar. 
Pocari Sweat bekerja sama dengan dinas kesehatan dan rumah sakit dikota – kota tersebut untuk membantu mengatasi dehidrasi dan memberikan penyuluhan kepada pasien dan keluarga tentang bahaya Dehidrasi pada pasien. kebocoran plasma dan demam yang tinggi bisa mengakibatkan pengentalan darah sehingga, pasien bisa mengalami syok dan berujung pada kematian. 
Menurut rekomendasi WHO, bahwa air putih saja tidak cukup untuk pasien demam berdarah. Mengutip Compreensive guidelines for prevention and control od dengue and dengue hemorrhagic fever (2011) yang dikeluarkan oleh WHO, bahwa pasien Demam berdarah dianjurkan mendapat “ Asupan Cairan yang cukup (bukan air putih biasa) seperti susu, jus buah, Minuman elektrolit isotonik, Minuman rehidrasi oral dan air tajin. 
Waspadai overhidrasi pada bayi dan anak-anak.”
Anjuran terkait hal ini juga menjadi salah satu pembahasan pada Seminar serentak di 17 kota bulan November – Desember 2019 lalu. Pocari Sweat bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia beberapa wilayah di Indonesia, untuk menyelenggarakan seminar tentang demam berdarah, di Januari sampai maret 2020 kedepan, Pocari Sweat secara konsisten akan membagikan Pocari Sweat kepada para pasien, sebagai bentuk kepedulian kepada penanganan masalah demam berdarah. Selain itu, bekerjasama dengan media massa di 11 kota yang menjadi fokus kegiatan kampanye anti demam berdarah untuk menekan angka kematian akibat demam berdarah. 
Di Gresik, kegiatan ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik bersama puskesmas di Kabupaten Gresik. Ini merupakan bentuk kepedulian Pocari Sweat yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dalam membantu mengatasi dehidrasi pada pasien DBD. Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik sebagai mitra kerjasama dengan Pocari Sweat sangat menyambut kegiatan ini, karena hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pasiennya.
———————————————————————————————–
Apa itu DBD? 
Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan infeksi oleh virus Dengue 
⦁ Suhu tubuh meningkat 
⦁ Banyak keluar keringat
Pada kasus DBD tubuh kehilangan cairan menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh menjadi lemas. 
Apa itu Dehidrasi ?
Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.
Dehidrasi terjadi karena kekurangan natrium dan air.
Dehidrasi terbagi dalam tiga jenis berdasarkan penurunan berat badan, yaitu: 
⦁ Dehidrasi ringan (jika penurunan cairan tubuh 5 persen dari berat badan), 
⦁ Dehidrasi sedang (jika penurunan cairan tubuh antara 5-10 persen dari berat badan), 
⦁ Dehidrasi berat (jika penurunan cairan tubuh lebih dari 10 persen dari berat badan).
Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, hingga meninggal dunia, atau tidak. 
LEMBAR FAKTA
POCARI SWEAT 
POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1989 dalam kemasan kaleng 330 ml, dan kemudian tahun 2001 untuk kemasan sachet berisi serbuk 15 gr. Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. 
Selain itu, dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

Kapan tubuh kita memerlukan POCARI SWEAT?
Apapun aktivitas yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di kantor, tubuh kita pasti akan mengeluarkan keringat, misalnya ketika kita melakukan pekerjaan sehari-hari seperti memasak, menyetrika, membersihkan rumah, ataupun bekerja di dalam maupun di luar ruangan. 

Bekerja di ruangan ber AC seperti di gedung perkantoran juga membuat tubuh kita kehilangan cairan tubuh yaitu melalui pernafasan, urin dan penguapan melalui kulit. Bahkan ketika sedang tidur pun tubuh akan tetap mengeluarkan cairan sebanyak 350 ml (1/3 bagian) melalui pernafasan dan penguapan dari kulit yang diserap oleh kasur, seprai, dan lain-lain. Jika kulit mulai terasa kering itulah tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. POCARI SWEAT dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang ini karena komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh. 
Tubuh kita paling banyak kehilangan cairan jika kita melakukan aktivitas yang berat ataupun berolahraga. Saat berolahraga, baik melakukan olahraga ringan maupun berat, tubuh akan kehilangan banyak cairan, apalagi jika cuaca panas, kehilangan cairan akan lebih banyak lagi. Jika kehilangan ini tidak diganti maka suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih mudah lelah. Menurut penelitian dehidrasi membuat tubuh lebih cepat lelah. 
Cairan tubuh juga berfungsi mengatur suhu tubuh, termasuk menormalkan kembali jika suhu tubuh meningkat melalui keringat. Tubuh yang dehidrasi akan kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu tubuh dan hal ini dapat berakibat fatal. Itulah sebabnya di saat demam, tubuh pun memerlukan cairan tubuh yang cukup agar suhu tubuh dapat terus terjaga keseimbangannya.

Cairan tubuh memiliki arti sangat penting untuk menjaga kesehatan, karena itu kekurangan cairan tubuh sedapat mungkin harus dihindari. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang inilah diperlukan minuman isotonik seperti POCARI SWEAT yang telah teruji aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, POCARI SWEAT juga dapat menjaga osmolaritas cairan tubuh. 

MENGAPA KITA PERLU MINUMAN ISOTONIK? 
Cairan tubuh kita terdiri dari air dan ion, sehingga pada saat kita kehilangan cairan tubuh, artinya kita kehilangan tidak hanya air, tapi juga ion tubuh. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kelelahan pada otot (muscle fatigue). Salah satu penyebab kelelahan adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen (simpanan glikogen) menjadi tenaga. Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu. 
Minuman isotonic memiliki tekanan cairan yang sama dengan cairan tubuh sehingga sel-sel tubuh kita bisa selalu dalam keadaan homeostasis.
Sel tubuh kita dalam lingkungan yang berbeda; hipotonik, isotonic dan hipertonik, akan memiliki kondisi yang berbeda pula. Bentuk sel yang paling baik adalah dalam kondisi yang isotonic, dimana dalam kondisi di lingkungan hipotonik sel akan membengkak dan pecah dan sebaliknya di lingkungan yang hipertonik sel akan mengkerut dan mati. Selain itu, kandungan ion di dalam minuman isotonic dapat membantu tubuh untuk menahan cairan lebih lama, sehingga tubuh tidak mudah dehidrasi. 
CAIRAN TUBUH ITU PENTING 
Jika kita asumsikan 60% berat tubuh kita adalah cairan, maka jika berat badan kita 70kg, maka berat cairan tubuh kita adalah : 60/100 x 70kg = 42 kg. Jika kita bayangkan dengan jerigen kapasitas 20L, berarti banyaknya cairan tubuh kita adalah 2 buah jerigen isi 20L dan 2 buah jerigen isi 2L ! Wah, banyak juga ya? 
Cairan tubuh memang memegang peranan penting dalam hidup kita dimana salah satu peranannya adalah mengatur suhu tubuh dan juga sebagai alat transportasi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka akan berpengaruh terhadap seluruh kerja organ dan proses dalam tubuh kita. Karena itu, cegah dehidrasi dengan minuman yang tepat, yang komposisinya mirip Cairan tubuh. 
WASPADA BAHAYA DEMAM BERDARAH DENGUE 
Saat Demam Berdarah, tubuh kehilangan cairan (DEHIDRASI)
Akibatnya badan menjadi lemas dan bisa berakibat fatal.Cara yang paling mudah untuk mengurangi penyebaran virus Dengue, adalah implementasi perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu dengan melakukan 3M Plus.
3M Plus adalah Menguras & Menyikat tempat penampungan air; Menutup; Memanfaatkan kembali barang-barang yang menjadi potensi sarang nyamuk; dan Plus adalah tidak menggantung pakaian kotor, menggunakan kelambu saat tidur, dan memasang kawat kasa pada ventilasi rumah. Dan hal ini haruslah dilakukan secara rutin. Selain itu pertolongan pertama ketika DBD harus dengan cara yang tepat yaitu menggantikan segera cairan yang keluar agar terhindar dari dehidrasi.