Bersepeda dari Gresik ke Denpasar selama 9 hari, Mbah Ukang akhirnya tiba di Denpasar, Bali, Kamis (12/4/2018).

Mbah Ukang alias Sukirhariadi (68) salah satu peserta International Veteran Cycle Association.

Selain ikut rally tujuan Mbah Ukang ingin mempererat silaturahmi dengan komunitas ontel lainnya.

“Memang tujuan saya biar tau sepedaan ini gimana, ikut sehat dan fisik gitu, loh. Saudarakan banyak, cari saudara ketemu saudara dari Banten, Pasuruan, Jember. Serta tujuan lainnya ya, pengen ikut rally ini,” katanya sambil bersantai. 

Mbah Ukang sendiri berangkat dengan sepedanya dari Gresik, Jawa Timur, tanggal 4 April 2018 sore dan tiba di Bali Kamis (12 April 2018) hari ini.

Sepanjang ia menggowes sepeda tuanya yang dihiasi tas dari karung goni dan tanduk kerbau, Mbah Ukang sesekali melaju kencang dan sering kali menuntun sepadanya sambil bersantai baik di masjid ataupun warung. 

 “Ya naik turun, jalan kaki terus tuntun, opo yo (apa ya) bahasa Indonesianya tuntun, ya digiring gitu. Yo untuk hemat badan (jaga fisik). Sesekali istirahat di masjid atau warung, kadang pinggir jalan,” tambahnya seraya bergurau. 
Acara International Veteran Cycle Association yang diadakan tahunan mampu membawa daya tarik bagi pecinta sepeda tua dan ontel baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selain mengadakan rally sepeda tua dan ontel internasional, acara ini juga untuk membangun kekeluargaan sesama komunitas yang hadir di Bali. 

Sumber Tribunnews