Minat Masyarakat Indonesia Terhadap Rekrutmen CPNS
Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap CPNS ( Calon Pegawai Negri Sipil ) menunjukkan bahwa dunia pendidikan kita belum mampu menyiapkan anak didik untuk berwirausaha dan masih sangat bergantung dengan lowongan CPNS. 
Dunia pendidikan sebagai pabrik pencetak untuk lulusan siap kerja bukan pembuat kerja mandiri, Akibatnya ketika lulus telah dilalui hanya seminggu saja para lulusan tersebut gembira. Setelahnya mereka akan pusing karena bingung mau apa yang dikerjakan. Menjadi Pegawai Negri Sipil tentu sebagai idaman semua orang. Karena di Indonesia juga semakin minimnya lapangan pekerjaan mereka menginginkan status pekerjaan yang tetap.
Apasih pegawai negri sipil itu ? selama ini yang kita tau bahwa profesi terbesar peminatnya yaitu Pegawai Negri Sipil ( PNS ). 
Pegawai negri sipil itu pegawai yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan oleh pemerintah dan sudah tercantum di undang-undang yang berlaku Kriteria-kriteria untuk mendaftar menjadi seorang Pegawai Negri Sipil ( PNS ) itu sangat banyak sekali diantaranya yang paling terpenting itu mempunyai ijazah Magister (S2), Sarjanah (S1), Diploma (D3) dan merupakan lulusan dari Universitas yang sudah terakriditasi oleh Badan Akriditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) biasanya sudah terakriditasi A untuk mendapatkan kwalitas PNS yang baik. Calon pegawai negri sipil minimal mempunyai IPK sebesar 3.00 (tiga koma nol nol) bagi lulusan Magister (S2) dan bagi lulusan Sarjana (S1) maupun Diploma (D3) IPK minimal 2.65 (dua koma enam lima) dan yang paling di utaman itu lulusan cumlaude. 
Berusia serendah-rendahnya 18 tahun sampai 35 tahun.
Seluruh sistem pendaftran dilakukan secara elektronik sehingga sebelum kita mendaftar disarankan untuk membaca buku panduan terlebih dahulu. Apabila saat pengisian online ada salah satu yang salah pemilihan maka calon peserta tidak bisa merubah pilihan tersebut dengan alasan apapun. Penyandang disabilitas juga berhak mengikuti tes seleksi CPNS selagi masih sehat jasmani dan rohaninya, dengan pemerintah meyediakan sarana dan prasarana khusus bagi penyandang disabiitas.
Tes untuk menjadi seorang pegawai negri sipil tidak mudah yang kita pikirkan. Penyeleksian tahu ini sangat ketat dan melalui tahap-tahap penyeleksian yang sudah ditentukan. dan baru kemarin pada tanggal 11-25 bulan September 2017 di buka lowongan PNS gelombang II dari data yang di dapat pendaftar CPNS mencapai 110.548 orang yang melamar. 
Dan banyak instansi yang membuka reckruitmen PNS sekitaran 61 instansi contohnya instansi kementrian keuangan yang membuka lowongan sekitar 2.880 pegawai. Calon pelamar hanya dapat memilih satu instansi. Pendaftar CPNS melakukan pendaftaran secara online, kemudiaan setelah lolos seleksi administrasi pelamar dapat mencetak kartu. Kemudian peserta melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan melakuakn tes Seleksi Kompetensi Bidangnya ( SKB ).
Sebagai Pegawai Negri Sipil harus siap ditempatkan dimana saja diwilayah Indonesia. Mereka juga harus siap jika ditempatkan didaerah yang plosok-plosok karena pekerjaan pegawai negri sipil itu di tentukan oleh pemerintah. 
Pengumuman Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang semula akan di umumkan pada tanggal 27 Oktober 2017 ada penundaan pengumuman. Pengumumannya di laksanakan pada tanggal 09 November 2017.
Berbeda dengan tahun kemarin calon pegawai negri sipil untuk tes seleksinya sudah menggunakan cbt, berbeda dengan cpns tahun dulu-dulu masih menggunakan manual sehingga soal-soal yang mau di ujikan masih bisa bocor sehingga banyak oknum-oknum jahat yang apabila kita membeli kunci jawaban dari si oknum kita dijanjikan akan ketrima sebagai Pegawai Negri Sipil, itu merupakan tindakan penipuan. 
Dengan diadakan tes cbt maka tingkat kecuranagan bisa teratasi. Kelulusan peserta CPNS adalah prestasi seseorang itu sendiri, keluarga maupun orang lain dilarang memberikan sesuatu yang dilarang dalam perundang-undangan, apabila si calon peserta ketahuan curang dalam tes seleksi maka peserta akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan dinyatakan gugur dalam seleksi tersebut.
Dan enaknya menjadi seorang pegawai negri sipil itu ketika Indonesia mengalami krisis gaji pegawai negri sipil tetap, dan banyak uang tunjangannya seperti tunjangan makan, tunjangan keluarga, tunjangan kinerja dan lain-lain. 
Dan ada uang pensiunan dari pemerintah walaupun kita sudah tua dan berhenti bekerja kita masih tetap dapat gaji atau jaminan di hari tua. Kita tidak perlu mencari kerja lagi. Setidaknya, kita tiap bulan masih tetap ada masukan meskipun kita sudah berhenti bekerja. Profesi sebagai PNS sangat membantu untuk kalian yang ingin melanjutkan S2 karena pemerintah menawarkan beasiswa, yang beasiswanya ada beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor.
Bagi peserta yang tidak lolos CPNS bisa mengikuti pendaftan CPNS ditahun berikutnya. 
PNS disini ada masa percobaan calon pns baru kemudian pengangkatan PNS. Masa percobaan sekurang-kurangnya 1 tahun, apabila dalam masa percobaan pegawai itu bekerja dengan baik dan dengan sangat cekatan dan juga sehat jasmani serta rohaniinnya maka atasan berhak mengangkat dia sebagai PNS. Apabila seorang calon Pegawai Negri Sipil dalam masa percobaan dianggap tidak baik maka berhak di berhentikan dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negri Sipil. 
NAMA : Qurrotu A’yuniyah
NIM : 201710410311193
KELAS : Farmasi D