Sentra produk sangkar burung Balongpanggang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Pengrajin sangkar burung mayoritas adalah warga Gresik asli tepatnya berada di Kecamatan Balongpanggang, tepatnya di dusun Karang Asem dan Karang Semanding.

Seiring berjalan waktu, metode penjualan yang dulu secara tradisional sekarang sudah menggunakan internet sebagai sarana penjualannya. “Alhamdulillah sudah sampai luar jawa” ujar Riyanto selaku pengrajin asal Karang Semanding.

Riyanto juga mengelola website untuk berjualan sangkar burung melalui online yang beralamat di http://konco-plekk.com. Dalam website yang dikelola secara mandiri tersebut Riyanto secara khusus menjual bahan bahan untuk pembuatan sangkar burung, seperti jeruji yang berbahan kayu, alumunium hingga kuningan.

Selain itu Riyanto juga menyediakan kayu asem bali sebagai tempat khusus berdiri burung dengan harga sekitar 130 rb, dan ditambah accesories lainnya. “Kabanyakan pemesannya adalah pembuat sangkar burung,” imbuh Riyanto yang juga membuka toko klontong di rumahnya.

Jika pembaca berminat membeli sangkar dengan kwalitas tinggi, bisa langsung datang ke pusat pengerajin sangkar Riyanto 085648433444