Categories
Artikel

Firna Larasanti Anak Pemulung yang Lulus Cum Laude

Firna Larasanti

Firna Larasanti yang beralamat di RT 06 RW 01 Karanggeneng, Kelurahan Sumurrejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang merupakan putri dari pasangan Misiyanto (57) dan Siti Suswanti (46) yang berprofesi sebagai pemulung, namun kini dapat meraih prestasi yang tinggi.

Firna yang menempuh studi sejak 2012 ini lulus cum laude ber+gelar sarjana Ilmu Politik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,77 di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Firna di wisuda oleh Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Rabu (27/7/2016), di auditorium Unnes, bersama 1.460 lulusan lainnya.

“Ada uang Rp 50.000 ya langsung kami pakai untuk kebutuhan, jadi enggak pernah dihitung sampai sebulan,” kata Suswanti seperti dikutip dari Kompascom

Proses pendidikan Firna selama kuliah di Unnes terbantu dengan adanya beasiswa Bidikmisi. Dari beasiswa tersebut, selain bebas bayar uang kuliah, Firna juga mendapatkan uang bulanan sebesar Rp 600 ribu Selain beasiswa untuk mencukupi kebutuhan kuliah, Firna juga melakukan berbagai pekerjaan seperti membantu memulung, memunguti cengkeh, berjualan di pasar, mengajar PAUD, hingga akhirnya menjadi menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *