Pekan ini menjadi duka bagi keluarga korban luapan kali lamong, yang pertama pelajar SMPN 14 Gresik, Nafisa, 13 Tahun, asal Desa Bulurejo tenggelam pada Minggu (13/12) di jalan raya Kedung Rukem, Benjeng.

Korban kedua bernama Alvareno Eka Aditya (12) siswa kelas 1 SMP yang tinggal di desa Sukorejo Kecamatan Kebomas Gresik, hanyut dan hilang di Kali Lamong sekitar sore pukul 15.30 WIB (Senin, 14/12/2020). Kedua korban akirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, dua hari setelah laporan kejadian.

Lakukan Sesuai Kemampuan

Saat ini kita juga salut banyak elemen masyarakat yang bahu membahu sesuai dengan kemampuannya untuk menolong korban banjir Gresik, ada yang membuka dapur umum, ada yang berbagi nasi, ada yang berbagi selimut dan sebagainya. tanpa memandang asal dari Gresik mana.

Karena itulah jiwa kemanusiaan yang harus dirawat, jangan sampai kepedulian masyarakat mengalahakan kepedulain pemerintah kepada masyarakatnya.

Evaluasi Bersama

Sebagai masyarakat Gresik tentu prihatin dan turut berbela sungkawa kepada keluarga korban semoga diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi kejadian ini.

Disisi lain tentu menjadi catatan akhir tahun sekaligus akhir jabatan Bupati selama menjabat. Terlepas dari bencana yang siapapun tidak ingin mendapatkannya, setidaknya banjir Gresik selatan sudah menjadi agenda rutin.

Evaluasi bersama tentu melibatkan semua stake holder baik pemerintah pusat, provinsi, daerah maupun masyarakat pada umumnya. Progress kali Lamong jangan sekali kali diambil sebagai lahan proyek dan bagi bagi kue anggaran. Setidaknya progres tersebut bisa adanya transparansi anggaran dan penggunaan sampai mana.

Dan tentu tidak hanya anggaran banjir kali lamong, anggaran lain juga seperti itu perlakuaknya anggaran landmark, anggaran bansos, anggaran COVID dan masih banyak lagi.

Bagi masyarakat tentu kesadaran terkecil seperti merawt selokan, saluran air membuang sampah pada tempatnya menjadi agenda penting dalam satu kesatuan yang perlu diperhatikan.

Semoga tidak terulang satu tahun kedepan, selamat datang pemimpin baru di Gresik semoga bisa merealisasikan janjinya terkait banjir Gresik selatan.


#inigresik#infogresik#gresik#news#latepost#kabargresik#gresikhits#update

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!