Ilustrasi @tipskarir  
Mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan menjadi idaman setiap orang, setelah setumpuk surat lamaran kerja anda buat di masukkan ke berbagai perusahaan. Panggilan interview menghampiri anda, banyak sekali kesalahan-kesalahan yang di lakukan terutama seorang fresh graduate. Berikut saya ringkas dalam 6 Kesalahan Fatal Fresh Graduate Sebelum Interview 
1. Datang tidak OnTime 
Datang tepat waktu menjadi penilaian utama seorang HRD terhadap diri anda. Bila untuk interview saja tidak tepat waktu, bagaimana waktu bekerja nanti..!!, mungkin ini pikiran seorang HRD terhadap diri anda. datanglah 30 menit lebih awal sebelum jam interview. Dan pastinya anda akan lebih siap secara fisik dan mental. 
2. Berpenampilan Alakadarnya 
“AJINE ROGO SOGO BUSONO” istilah ini tepat untuk menggambarkan diri kita. Pribadi anda akan tercermin dari bagaimana anda berpenampilan. bila anda berpenampilan rapi, sudah pasti anda akan bekerja dengan teratur, tersusun dan terencana. Dengan menyiapkan baju minimal pada malam hari, anda sudah siap secara penampilan, dan pastinya akan menambah percaya diri ketika akan interview. 
3. Pegang HP terus 
Hp memang teman setiap orang untuk menghubungkan di dunia luar dimanapun mereka berada, termasuk akan interview. Ketika menunggu waktu interview berjam-jam banyak pelamar fresh graduate menghilangkan kejenuhan dengan bermain HP, siapapun yang anda hubungi atau sosmed apa yang anda buka, HRD akan menilai negative terhadap diri anda. Mematikan Hp dan memasukkan ke dalam tas adalah solusi terbaik agar HRD menilai anda sungguh sungguh untuk melamar kerja. 
4. Tidak mengetahui profile perusahaan 
Ketika anda melamar sebagai seorang marketing atau pekerjaan yang lain, pengetahuan anda terhadap perusahaan sudah pasti di tanyakan. Bila hanya profile perusahaan saja anda tidak tau, ini bisa menjadi kesalahan ini fatal, karena akan membuat pewawancara jengkel. Misalnya ketika ditanya, “Anda tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa..??”. Jangan sampai anda menggeleng tidak tahu. Sisihkanlah waktu 1 hari sebelum Hari H wawancara untuk mencari informasi tentang perusahaan bersangkutan lewat internet atau yang lain. Semakin detail kita tahu, semakin baik. 
5. Tidak Membawa Bolpoin 
Setelah anda datang anda akan mengisi Form Daftar hadir dan biasanya langsung mengisi Form data pribadi. Tak cukup itu, tes tulis dan Psikotes juga langsung di laksanakan. Apa jadinya bila anda tidak membawa Bolpoin. Apakah anda akan meminjam pada sesame pelamar/ HRD yang mengetes anda.??. jadilah pelamar yang cerdas dengan membawalah bolpoin secukupnya. Dengan begini anda akan lebih siap ketika masuk ruangan interview 
6. Merokok sebelum berangkat interview 
Sadarkah anda ketika merokok bau mulut kita kurang sedap, apa lagi perokok aktif yang tidak bisa hidup tanpa rokok. Merokok memang bisa menurunkan stress dan lebih fress ketika akan interview, tapi sadarkah anda bila kebiasaan anda ini bisa menjadi petaka ketika interview, apa lagi anda melamar sebagai seorang Custemer service yang setiap hari bertemu dengan customer, 90% perusahaan tidak akan menerima anda.

Demikianlah 6 Kesalahan Fatal Fresh Graduate Sebelum Interview, semoga dengan membaca artikel saya. Bisa meningkatkan persiapkan anda ketika akan interview.

Wildan Icksani

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});