GPS (Gresik Punya Sejarah) 
Menggali Situs Wringin Wok 
Nama dusun Wringin Wok (Desa Sidorejo) sudh dikenal sejak zaman Majapahit, hal ini tertuang dalam isi Prasasti Trowulan I (Canggu) yang berisi daftar nama-nama desa yang diberi status swatantra krna berposisi sbgai daerah Nadhitira Pradeca (desa pelabuhan tambangan). 

Wilayah dusun Wringin Wok berada di sisi utara aliran Bengawan Solo. Nama Wringin Wok sendiri mengandung arti Wringin (pohon beringin) dan Wok (perempuan), jadi secara lengkap berarti Wringin Wok (Pohon Beringin Perempuan). 
Sayang….saat dilokasi sudah tidak ditemukan lagi pohon beringin besar yg menjadi cikal bakal penamaan dusun tersebut. Kini, peran desa ini telah mengecil menjadi sebuah wilayah dusun, di bawah administrasi desa Sidorejo. 
Akhir abad 19, nama desa Wringin Wok masih dijumpai dalam arsip peta kolonial Hindia-Belanda sekitar tahun 1880. Di Wringin Wok smpai saat ini masih terdapat situsĀ² makam kuno, antara lain Mbah Tambur, Mbah Cokro, dan jga Mbah Sayyid Abdullah. Kesemuanya merupkan tokoh-tokoh yang hidup di era keIslaman degan meninggalkan beragam jejak-jejaknya.
Gresik, 28 Juni 2019
Sumber : Facebook Eko Jarwanto