Lebaran tidak terlepas dari tradisi silaturahmi, sehingga banyak sanak saudara hilir mudik mendatangi kediaman ataupun sebagai moment terbaik para perantau untuk kembali ke kampung halaman bertemu sanak keluarga maupun berziarah kepada anggota keluarga yang telah meninggal. Banyaknya pendatang yang jarang berada di sebuah kota dimanfaatkan dengan jeli oleh sebagian orang untuk mengais rejeki, salah satunya para kusir pemilik angkutan wisata “Dokar” di kota Gresik. 
Dokaran : Sumber Flickriver
Dokar merupakan kereta beroda dua yang ditarik oleh seekor kuda yang dikendalikan oleh seorang kusir, biasanya dokar dapat menampung 8 orang dewasa atau sekitar 12 anak. Setiap bulan Syawal atau pekan hari raya Idul Fitri akan banyak dijumpai puluhan dokar mengitari Alun-alun kota Gresik dan sekitarnya. 
Transpowisata, atau wisata menggunakan alat transportasi tradisional khususnya dokar telah menjadi tradisi warga Gresik di bulan Syawal, tidak diketahui sejak kapan tradisi ini berlangsung namun angkutan yang biasa mengangkut para peziarah ke makam Sunan Giri di hari normal ini selalu berbenah menampilkan kereta dengan kuda terbaiknya di pekan Idul Fitri. 
Alun-alun sebagai pusat kota yang selalu ramai setiap lebaran dimanfaatkan para pemilik dokar untuk menawarkan transpowisata menyusuri kota Gresik. Rute sepanjan 3 kilometer ini terbentang dari Alun-alun kota Gresik hingga Wisma Achmad Yani menyusuri jalan KH Wachid Hasyim, jalan Pahlawan, jalan Panglima Sudirman, dan jalan Veteran. Menurut pantauan keramaian penumpang terjadi pada 2-7 Syawal. 
Bagi anda yang menginginkan sensasi naik transportasi tradisional dengan kuda perkasa dan cantik serta menyusuri kota Gresik dengan santai, silahkan datangi Alun-alun Gresik baik di pagi ataupun sore hari di pekan hari raya Idul Fitri. Untuk masalah harga, kemampuan tawar menawar anda sangat menentukan namun terbilang sangat ekonomis. Kapan lagi “Dokaran” menyusuri pusat kota Gresik kalau tidak di pekan pertama bulan Syawal. Selain sebagai wisata pribadi, sangat cocok untuk menghibur serta media edukasi buah hati dan juga berbagi rejeki di hari raya Idul Fitri kepada para kusir. Lebara belum pernah dokaran di Gresik? Berarti masa kecil anda kurang sempurna. Selamat Hari Raya Idul Fitri…