Lomba Cipta Maskot dalam rangka pemilihan bupati dan wakil bupati Gresik 2015, diselenggarakan oleh KPUD Gresik berlangsung mulai 28 Mei – 9 Juni 2015, Untuk Info Selengkapnya sebagai berikut :

Deskripsi Lomba 
Pembuatan Maskot adalah bagian dari strategi penguatan sosialisasi pelaksanaan Pilbup Kabupaten Gresik 2015. Maskot Pilbup Gresik adalah ikon dari komitmen dan semangat KPU Kabupaten Gresik untuk menyemarakkan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik Tahun 2015, yang bertujuan untuk:
1. Mendorong optimisme masyarakat terhadap pelaksanaan Pilbup Gresik 2015 yang edukatif, damai, demokratis, partisipatif, dan bermartabat
2. Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pelaksanaan Pilbup Gresik 2015
3. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap KPU sebagai lembaga Penyelenggara Pemilu
4. Mensosialisasikan rangkaian tahapan pelaksanaan Pilbup Gresik 2015
5. Menjadikan pelaksanaan Pilbup Gresik sebagai gebyar perayaan hak politik masyarakat Gresik

Persyaratan Peserta Lomba
1. Peserta adalah warga Kabupaten Gresik yang ditunjukkan dengan fotocopy KTP/ SIM/ Kartu Keluarga.
2. Seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan KPU Kabupaten Gresik dilarang mengikuti lomba.

Ketentuan Lomba Cipta Maskot Pilbup Gresik
a. Ketentuan Umum
1. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran dan harus mendaftarkan diri ke panitia dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di website KPU Kabupaten Gresik (www.kpud-gresikkab.go.id)
2. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 2 (dua) karya terbaiknya yang merupakan hasil karya asli dan orisinil yang dapat dipertanggungjawabkan, dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba apapun, dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-, tetapi hanya berhak atas 1 (satu) hadiah.
3. Apabila di kemudian hari diketahui dan terbukti bahwa hasil karya yang ditetapkan sebagai pemenang, ternyata bukan hasil karya asli peserta,
maka pemenang lomba dibatalkan dan pemenang harus mengembalikan hadiah yang telah diterima.
4. Mengirimkan karya kepada KPU Kabupaten Gresik dengan mencantumkan identitas di belakang karya, dalam amplop tertutup beserta Formulir Pendaftaran, Surat Pernyataan Keaslian Karya, penjelasan konsep/ ide karya, dan pada sudut kiri atas amplop ditulis: “Maskot Pilbup Gresik 2015” ditujukan kepada: Panitia Lomba Cipta Maskot Pilbup Gresik 2015 KPU Kabupaten Gresik Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 690 Kabupaten Gresik.
5. Karya dikirimkan selambat-lambatnya pada tanggal 7 Juni 2015 Cap Pos atau tanggal 9 Juni 2015 (yang diantar langsung ke kantor KPU Gresik), dalam keadaan tidak tergulung/terlipat;
6. Lomba tidak diperuntukkan untuk penyelenggara pemilu (unsur KPU dan Panwaslu)
7. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
8. Karya yang terpilih menjadi pemenang menjadi hak milik KPU Gresik dan KPU Gresik mempunyai hak eksklusif untuk menggunakannya, mengubah, atau menyempurnakannya sesuai dengan kebutuhan KPU Gresik.
9. Pemenang lomba akan diumumkan di website KPU Gresik pada tanggal 11 – 14 Juni 2015 dan akan dihubungi oleh pihak panitia secara langsung melalui telpon serta surat resmi.


b. Ketentuan Khusus Lomba Desain Maskot Pilbup Gresik

1. Desain maskot menggambarkan karakter yang merepresentasikan Potensi Kabupaten Gresik.
2. Desain maskot harus dibuat dengan menampilkan bagian depan dan belakang (media dan tools/ alatnya bebas);
3. Desain harus orisinal dan belum pernah dipublikasikan
4. Desain Maskot harus mencantumkan logo KPU yang dapat diunduh di website KPU (www.kpud-gresikkab.go.id);
5. Desain maskot dikirimkan dalam bentuk hardcopy (cetak di atas kertas A4) sebanyak 3 (tiga) rangkap; dan softcopy maskot dalam format JPEG resolusi 150 dan 300 dpi/ Coreldraw dalam compact disk (CD);
6. Desain yang dikirimkan harus disertai penjelasan singkat (maksimal 150 kata) tentang konsep/ ide dari desain maskot diketik di atas kertas ukuran A4, dengan ukuran spasi 1,5 dan ditulis dengan font yang seragam.
7. Semua karya yang dikirimkan menjadi milik KPU Gresik dan KPU Gresik berhak mempergunakannya untuk kebutuhan KPU Gresik.
8. Keputusan dan penetapan pemenang adalah hak sepenuhnya Dewan Juri dan tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian 

1. Orisinalitas, kreativitas, dan keindahan desain maskot
2. Kekuatan karakter dan detail desain maskot
3. Merepresentasikan Potensi Kabupaten Gresik
4. Mencitrakan tugas KPU sebagai penyelenggara pemilu yang mandiri, jujur, adil, efektif, efisien, dan professional.

Tim Juri
1. Drs. Zainul Arifin / Cak Inoeng (Seniman Gresik)
2. Sri Wahyuni, S.Ag. (Seniman Gresik)
3. Makmun, S.Th.I. (Anggota KPU Gresik)

Hadiah Peserta Lomba yang terpilih Desain Maskotnya sebagai pemenang akan mendapatkan Hadiah sebesar Rp 3.000.000,00 + Sertifikat.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});