Widya Wahana V buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berlaga dalam ajang lomba balap mobil tenaga surya yang menempuh jarak sejauh 3.000 kilometer dari Darwin ke Adelaide, menyusuri Benua Australia dari utara ke selatan.
Dengan nomor urut 31, tim Widya Wahana V ini merupakan satu dari 46 mobil asal 25 negara yang berpartisipasi dalam World Solar Challenge 2015, yang dimulai Ahad (18/10). 
Lomba yang mengambil garis start di Parlemen Negara Bagian Northern Territory (NT) ini merupakan ajang paling bergengsi di dunia bagi balap mobil tenaga surya. Lomba akan berakhir di garis finish di Kota Adelaide. 
Tim mobil bernama Stella Lux asal Eidenhoven Belanda, mengambil start di urutan pertama, disaksikan ribuan pengunjung. Mobil itu kemudian melaju melintasi kota Darwin ke arah Jalan Stuart Highway.

Ajang lomba ini sudah berlangsung sejak 1987 dan kini digelar setiap dua tahun sekali. Para pengembang purwarupa mobil tenaga surya di seluruh dunia biasanya turut ambil bagian dan ajang ini untuk menunjukkan keandalan karya mereka. 

[post_ads]
sumber : republika