Gresik – Nasi krawu makanan khas yang berasal dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen putih biasanya dihidangkan dengan daun pisang sebagai pengganti piring. Lauknya berasal dari sayatan daging sapi yang dalam bahasa jawanya di suwir, semur daging, jeroan sapi, sambal khas terasi dan serundeng.

Resep Cara Pembuatannya Nasi Krawu Gresik Sebagai Berikut :
Bahan Bahan dan Bumbu yang harus disiapkan

  Cara mengolahnya Nasi Krawu   

Cara olah versi resep.web.id       – Masukin potongan daging yang sudah siap, air, garam, bumbu halus, daun salam dan sereh ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.    – Masak sampai air menyusut, bumbu meresap dan daging tambah empuk.    – Tuang santan kental, Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).    – Tiriskan dagingnya, sisihkan. Sisa kuahnya di campur dengan parutan kelapa setengah tua.    – Taruh parutan kelapa di wajan, tambahkan daun jeruk yang di suwir, Sangrai sambil di aduk2 sampe rata dan meresap, dan kering. Matikan api. Buang daun jeruknya.    – Daging di goreng dalam minyak banyak, jangan terlalu kering.
– Siap disajikan dengan pelengkapnya.  

Tulisan ” Resep Nasi Krawu Gresik ” diambil dari beberapa website | resep.web.id | umiabie.com | wikipedia semoga bermanfaat

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!