Badan usaha Jalan Tol PT Waskita Bumi Wira (WBW), anak perusahaan PT Waskita Toll Road (WTR) mulai mengoperasikan Jalan Tol Krian–Legundi-Bunder–Manyar (KLBM) 28 November 2020.

Tarif tol Krian Legundi Bunder Manyar (KLBM) saat saat ini gratis hingga dua pekan sebagai uji coba jalan sepanjang 29 kilometer tersebut.

Hadirnya Jalan Tol KLBM diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Kabupaten Gresik ke Kabupaten Sidoarjo dan sebaliknya hingga satu jam. Melansir Kontan.co.id, Herwidiakto, Direktur Utama PT WBW mengatakan, dengan dioperasikannya Jalan Tol KLBM ini diharapkan akan menjadi urat nadi logistik di wilayah tersebut.

“Jika sebelumnya pengguna tol dari arah Mojokerto menuju ke arah Gresik harus memutar Jalan Tol Trans Jawa melewati Kota Surabaya dengan memakan waktu 1 jam 30 menit,” jelasnya dikutip dari Kontan.co.id, Sabtu (28/11).

“Dengan adanya Jalan Tol KLBM ini diharapkan mampu mengurangi jarak tempuh yang hanya memakan waktu 35 menit,” tambahnya. Tol KLBM membentang sepanjang 29 km dan terbagi menjadi tiga seksi.

Seksi 1 sepanjang 9,77 km menghubungkan Gerbang Tol Lebani Gresik (Krian) dengan Gerbang Tol Belahanrejo. Kemudian Seksi 2 dengan panjang 13,205 km menghubungkan Gerbang Tol Belahanrejo menuju Gerbang Tol Cerme. Dan Seksi 3 menghubungkan Gerbang Tol Cerme menuju Gerbang Tol Bunder Gresik dengan panjang 6,025 km. Saat ini, Jalan Tol KLBM belum terkoneksi dengan Tol Sumo dan Tol Kebomas yang masih dalam proses konstruksi.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!