Para maling motor kian meresahkan warga Gresik. Bahkan, para bandit tersebut kian nekat, dengan beraksi ditempat umum dan pusat perbelanjaan. Dini hari kemarin (27/5), aksi seorang bandit terekam jelas oleh kamera CCTV salah satu minimarket dikawasan jalan R.A. Kartini Kecamatan Kebomas. 

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 1.20 WIB. Awalnya, seorang pria menggunakan masker dan helm berwarna biru terlihat mondar-mandir disekitar parkir. Beberapa menit kemudian, dia mulai mendekati motor matic Honda Vario. “Aksinya sangat cepat, hanya waktu 20 detik untuk merusak rumah kunci. Motor pun langsung dibawa kabur,” ucap Riqi Saputra, penjaga toko.
Pria 23 tahun itu menjelaskan, bahwa aksi curanmor itu tercatat sudah kedua kalinya di tempat yang sama. “Pelaku beraksi menyasar motor matic. Modusnya pun hampir sama,” ucapnya.

Kejadian ini mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati. Bandit motor bisa beraksi dengan lihai di mana saja. Maka masyarakat harus melakukan antisipasi lebih dini selain menunggu pengusutan dari aparat berwajib.
Seperti memasang kunci ganda, memarkir kendaraan di tempat yang ada penjaganya, jangan parkir di tempat sepi. Serta jangan memberikan peluang dan kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk beraksi. Membiarkan kontak tetap melekat di rumah kunci saat parkir.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto pun tidak menampik hal tersebut. Pihaknya akan terus memaksimalkan jajarannya dalam melakukan patroli. Baik ditingkat Polsek maupun memaksimalkan Satuan Sabhara Polres Gresik. “Tidak jarang motor yang berhasil dicuri dilembar didaerah lain. Bahkan, banyak juga yang dijual eceran dengan membongkar sparepart motor,” ungkap Alumnus Akpol 2001 itu.

Mantan Kapolres Ponorogo itu juga menjelaskan bahwa saat beraksi, tidak jarang pelaku memantau situasi terlebih dahulu. Atau bergerak secara komplotan dan saling berbagi tugas. “Tentu untuk memuluskan aksinya. Oleh karena itu, kewaspadaan masyarakat juga wajib ditingkatkan,” tutupnya. 

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!