INIGRESIK.COM – Mari kita simak penjelasan cara download dan melihat sertifikat vaksin pertama dan kedua via PeduliLindungi

Walaupun fungi dan penggunaan sertifikat vaksin masih menemui perdebatan.

Namun berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 kita harus mengikutinya karena ada beberapa aktifitas yang mewajibkan menggunakan Peduli Lindungi.

Otomatis sebagai warna negara yang baik harus mendukung program vaksinasi dan dengan mengikuti vaksinasi terlebih dahulu.

Saat ini sertifikat vaksin menjadi salah satu prosedur dalam rangkaian vaksin masal di beberapa tempat, sertifikat resmi akan dikeluarkan setelah vaksin dilaksanakan.

Saat ini sertifikat vaksin bis diakses berupa serifikat digital, sehingga masyarakat harus mandiri download menggunkan website Peduli Lindungi.

Namun yang perlu dicatat adalah untuk mendapatkan vaksin ini, saat ini masih belum bisa menggunakan aplikasi. Namun bisa di download menggunakan website www.pedulilindungi.id, adapun caranya adalah sebagai berikut

  • Buka website resmi yang dikelola Kominfo di alamat URL pedulilindungi.id/periksa-sertifikat
  • Pastikan anda sudah mendafar terlebih dahulu dengan email atau nomer telepon bisa melalui website atau aplikasi di PlayStore
  • Siapkan data vaksin berupa : nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, tanggal vaksin dan jenis vaksin yang sudah digunakan 3. Apabila kesulitan bisa mengambil kartu vaksin sebagai referensi pengisian.
  • Setelah itu klik ‘saya bukan robot’
  • Tekan tombol PERIKSA
  • Maka akan muncul dua sertifikat bagi yang sudah menjalani vaksin dua kali. Silahkan download sertifikat yang tersedia.
  • Hindari dicetak secara sembarangan agar data anda aman


Demikian sekilas tutorial cara mendownload sertifikat vaksin.

Pin It on Pinterest

Share This