Peringatan Hardiknas 2016 kabupaten gresik yg di motori oleh HIMPAUDI Kab Gresik melaunching Garda patas yang dibuka oleh wakil Bupati Moh Qosim M.Si dengan kentongan yang diikuti secara serentak oleh seluruh peserta , gemuruh suaranya disepanjang pantai Delegan 4000 anak dan 1500 guru PAUD Se-kabupaten Gresik. 
Garda patas adalah Gerakan daerah Parenting anak berkualitas yag dicanangkan pemerintah Gresik agar orangtua bisa membersamai anak dalam berkembangannya, mari kira dukung agar generasi Gresik semakin lebih baik “ ujar Wakil Bupati Moh.Qosim 
“Hardiknas Tahun ini terasa berbeda karena tahun ini kami melaksanakan bersamaan dengan lanching GARDA PATAS , tujuan garda patas agar orangtua bisa belajar bersama anak, terutama setelah mahrib, seperti zaman dahulu orangtua kita mengawal kita saat belajar. atau mematikan teevisi pada jam stelah maghrib samapi jam 8 dan orang tua harus menahan diri agar juga tidak menontonnya ” ujar Dewi Azmin. Spd Selaku Ketua Acara sekaligus ketua HIMPUDI Kab Gresik.