Karang Taruna Tunas Harapan Desa Bunderan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik melakukan kegiatan program kerja yaitu perpustakan keliling dengan diikuti oleh mahasiswa kkn Universitas Muhammadiyah Gresik pada hari Sabtu (01/02/20).

Kegiatan perpustakaan keliling ini adalah salah satu program kerja dari pemuda karang taruna Desa Bunderan. Kegiatan tersebut berlangsung pada siang hingga sore hari. Perpustakaan keliling ini telah berdiri pada tahun 2019 dimana pada saat itu periode baru karang taruna dibentuk dan program kerja tersubut telah disetujui oleh kepala desa Bunderan.

Perpustakan keliling ini dilakukan setiap hari sabtu dengan tempat yang berbeda. Pada sabtu pertama perpustakaan keliling dilakukan di Desa Ngablak dan sabtu kedua dilakukan di Desa Bunyungan.

Kegiatan perpustakaan keliling di Desa Bunderan ini bertujuan untuk memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat agar meningkatkan minat baca dan mempermudah masyarakat dalam mencari wawasan melalui media baca nonelektronik.

Kegiatan perpustakaan keliling ini tidak hanya melakukan membaca buku saja melainkan juga menyediakan alat mewarnai bagi anak anak usia dini. Hal ini agar anak-anak sekarang melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Program kerja ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar Desa Bunderan selain bisa memberi wawasan, bisa juga mengurangi anak-anak sekarang kepada game online yang sekarang merajalela dan membuat kecanduan.  Oleh karena itu sebagai pemuda mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun sinergi yang kokoh dan menjadi panutan yang baik.

Penulis : Ovi Wulandari / Sidayu