Foto Ikan : Kompas
Penemuan baru yang dipublikasikan dalam jurnal Science Kamis (14/5/2015) ditemukan adanya ikan berdarah panas baru, penemuan yang dipublish oleh Nicholas Wagner, biolog dari Badan Administrasi Atmosfer dan Kelautan Amerika Serikat (NOAA) ini menamai dengan nama ikan opah atau nama latin Lampris guttatus
Seperti sudah sering kita dapatkan, hewan berdarah panas mampu mengatur suhu tubuh menggunakan mekanisme internal. Sementara hewan berdarah dingin melakukan adaptasi terhadap suhu dengan perilaku.

Dalam penelitian ini Wagner dan rekannya menandai sejumlah opah yang hidup di lepas pantai California. Mereka melacak pergerakan opah, membaca suhu tubuh, serta suhu dan kedalaman tempatnya bergerak

Opah adalah ikan pelagis berbentuk oval yang memiliki berat rata-ratanya 90 kg. Biasa hidup pada kedalaman 50-300 meter di lautan untuk berburu cumi-cumi.

Owyn Snodgrass dari NOAA menambahkan, ikan opah ini bisa mempertahankan suhu karena struktur unik pada insangnya yang memungkinkan darah yang meninggalkan organ tersebut dihangatkan sebelum disebarkan ke seluruh tubuh. 

sumber : kompas


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});