Profile SMK PGRI Gresik

NamaSMK PGRI Gresik
NPSN20500411
TipeSwasta
AlamatJalan Dr. Sutomo No. 46
PropinsiJawa Timur
Kab/KtmdyKab. Gresik
JenjangSMK

Beralamatkan di Jl Dr Sutomo gresik, memiliki ruang gedung dan siswa
yang memadai, didukung dengan kegiatan ekstrakulikuler seperti robotok ,
jurnalistik, dan pengajian kerohanian

SMK PGRI 1 Gresik didirikan pada tahun 1989 oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP)PGRI Kabupaten Gresik dengan nama STM PGRI Gresik. Sekolah ini merupakan alihfungsi dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG) PGRI Gresik atas prakarsa  Bapak Drs.H.Mudjoko,M.Pd.yang sekaligus berperan sebagai nahkoda dalam pengelolaan  lembaga ini. Sekolah yang terletak di di sebuah gang kecil, kelurahan Ngipik,tepatnya di Jalan Dr.Sutomo nomor 46 Gresik ini,pada awalnya hanya memiliki satu program keahlian yaitu Teknik Mesin Tenaga dengan jumlah siswa hanya 72 orang.

Namun berkat kegigihan dan keuletan kepala sekolah dengan dukungan para guru dan karyawan yang memiliki loyalitas tinggi dan komitmen yang kuat serta bekerja keras tanpa mengenal waktu, akhirnya sekolah ini  dari tahun ke tahun semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat Gresik. Hal ini terbukti pada awal berdiri hanya mendapatkan 2 kelas,namun pada tahun ke tiga saat penerimaan siswa baru sudah mendapatkan 6 kelas. Hal ini menunjukkan betapa besarnya  tingkat kepercayaan masyarakat Gresik untuk menyekolahkan putranya di SMK PGRI 1 Gresik, sehingga pada tahun 2001 hanya dengan 2 program keahlian saja yaitu Teknik Mesin Perkakas dan Teknik Otomotif,telah memiliki 1000 siswa lebih. Ini semua tidak luput dari perjuangan Kepala SMK PGRI 1 Gresik,sebagai Sang Nahkoda,yang kemudian diteruskan oleh Drs.Arief Susanto,M.Pd. pada tahun 2005.

Berawal dari profesinya sebagai petugas Perpustakaan di SPG PGRI Gresik sejak tanggal 18 Desember 1981,beliau merupakan sosok yang memulai semua kariernya dari bawah.Berbagai jabatan dan profesi telah beliau alami.Di samping sebagai petugas perpustakaan,saat itu ,beliau pagi harinya juga  sebagai guru di salah satu SD terpencil di kecamatan Cerme.Selain profesi guru,beliau juga memiliki kemampuan  profesi di bidang seni pramuwicara (MC Pengantin).

Profesi sebagai MC pengantin, baru beliau kurangi berangsur-angsur sejak beliau diangkat menjadi kepala sekolah pada tahun 2005 dan pada akhirnya berhenti sama sekali pada saat ini.Kondisi dan pengalaman yang serba memprihatinkan di masa lampaunya itulah yang pada akhirnya membentuk kepribadian yang penuh dengan kepekaan akan nasib anak buahnya.Beliau selalu berpikir bagaimana cara meningkatkan kesaejahteraan guru-guru yang mengajar di SMKPGRI 1 Gresik.”Saat ini saya yang dipercaya untuk menjadi kepala SMK PGRI 1 Gresik,yang hakikatnya adalah seorang pelayan,saya berkeinginan untuk menjadi kepala sekolah yang bisa membawa SMK PGRI 1 Gresik ,mewujudkan impiannya menjadi lembaga diklat kejuruan yang berstandar Internasional dan saya juga menginginkan agar masyarakat semakin mempercayakan pendidikan putra-putrinya di SMK PGRI I Gresik” Ujar beliau saat dilantik menjadi kepala sekolah,(MADKRESI edisi 18 Desember 2004.)

Segudang prestasi telah ditorehkan oleh sekolah ini.Baik prestasi akademik maupun nonakademik yang diraih oleh para siswanya,maupun prestasi kualitas lembaga yang diraih lembaga SMK PGRI 1 Gresik.Pada tahun 2002,ketika usia sekolah masih tergolong muda,yaitu memasuki tahun ke 11,sekolah ini dalam akreditasinya yang ketiga sudah berhasil meraih status “DISAMAKAN” salah satu status yang sangat dibanggakan pada masa-masa itu karena sedikit sekali lembaga swasta yang mampu untuk meraihnya.Empat tahun kemudian,tepatnya tanggal 9 Oktober 2006,Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Depdiknas RI menetapkan SMK PGRI 1 Gresik sebagai satu-satunya sekolah Swasta di Kabupaten Gresik sebagai Lembaga Diklat Kejuruan yang Berstadar Nasional (SBN). Prestasi ini merupakan tonggak awal dari perjalanan Drs.Arief Susanto,M.Pd.dalam memimpin SMK PGRI 1 Gresik. .

Tidak berhenti sampai di sini prestasi yang berhubungan dengan kualitas lembaga.Tahun 2009 lembaga ini juga mengawali sebagai lembaga swasta di kabupaten Gresik yang meraih Sertifikat Penjamin Managemen Mutu  Pendidikan ISO 9001:2008 dari lembaga sertifikasi TUV Rheinland Germany. Dengan sertifikasi ini sudah dapat dipastikan bahwa managemen mutu pendidikan di SMK PGRI 1 Gresik selalu terkendali dan dapat dipastikan kualitasnya. Tahun 2014 juga menjadi tonggak bersejarah bagi SMK PGRI 1 Gresik di bawah kepemimpinan Drs. Arief Susanto,M.Pd. Karena pada tahun itu tepatnya pada acara Wisuda PurnaSiswa yang ke XXIII di Graha Sarana Petrokimia Gresik telah ditandatangani MOU Kelas Industri antara PT Induspring TBK dengan SMK PGRI 1 Gresik.

”Penyelenggaraan kelas Industri ini merupakan satu-satunya yang ada di kabupaten Gresik,yang merupakan salah satu program CISR perusahaan kepada lembaga pendidikan. Dalam program ini ada 24 siswa yang akan dididik oleh instruktur dari PT INduspring TBK selama 6 bulan dan magang di perusahaan selama 3 bulan.

Setelah itu nantinya para siswa langsung diterima di PT Induspring sebagai karyawan”Ujar salah satu direktur PT Induspring Bapak Bob Budiono Pada acara pembukaan kuliah perdana kelas Industri di SMK PGRI 1 Gresik.Pada tahun 2015,tidak kalah hebatnya dengan tahun sebelumnya.Pada bulan Januari 2015 Direktur PSMK kembali mempercayaai SMK PGRI 1 Gresik untuk menjadi Sekolah Rujukan. ”Tidak mudah untuk bisa menjadi sekolah rujukan,saratnya harus memiliki siswa 1500 lebih, setidaknya memiliki 5 program studi, dan memiliki lahan minimal 5000 m3 serta yang tidak kalah pentingnya sekolah tersebut harus berkualitas. Setelah menjadi sekolah rujukan,SMK PGRI 1 Gresik nantinya akan memberikan pembinaan bagi sekolah-sekolah kejuruan lainnya di sekitar sekolah ini.”kata Pak Arief setelah mengikuti diklat sekolah rujukan di Jakarta.

Siswa-siswa SMK PGRI 1 Gresik juga tidak mau tertinggal dengan prestasi yang telah diraih oleh sekolahnya.Seambrekprestasi juga telah diukir oleh anak-anak SMK PGRI 1 Gresik dari tahun ke tahun.Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia ,khususnya masyarakat Jawa Timur, bahwa anak-anak SMK PGRI 1 Gresik selalu merajai menjadi juara lomba Mading Deteksi yang diselenggarakan harian Jawa Pos mulai tahun pertama diadakan yaitu tahun 2000 di Tunjung Plaza samapai  tahun 2010 di PTC Surabaya.

Bahkan 2 tahun berturut-turut menjadi juara umum yaitu tahun 2007 dan 2008.Di bidang ketrampilan kejuruan anak-anak SMK PGRI 1 Gresik juga selalu menjadi yang terdepan dalam mengukir prestasi.Dimulai dari lomba ketrampilan mekanik,juara 1 dalam lomba “SUZUKI SMK SKILL CONTEST 2010” yang diselenggaran perusahaan SUZUKI tingkat Provinsi Jatim dan Juara 1 dalam lomba “MECHANIC’S SKILL COMPETITION 2011” seJawa- Bali yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya yang memperebutkan piala Mendiknas.Keduanya atas nama ananda MUHAMMAD LUKMAN HAKIM.

Di bidang robot,Tim robotic SMK PGRI 1 Gresik juga tidak pernah absen menjadi juara dari berbagai macam event khususnya yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya.Dimulai tahun 2012,tim robotic SMK PGRI 1 Gresik menjadi juara 2 tingkat Nasional dalam lomba”ROBOT IN ACTION-ITS EXPO” Juara 3 SEJAWA BALI dalam lomba “UNDER WATER ROBOTIC COMPETITION”yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya.Prestasi di bidang Robotic mencapai puncaknya ketika tim robotic SMK PGRI 1 Gresik meraih juara 1 tingkat Nasional dalam lomba “         ITS EXPO 2014”.Di bidang akademik,siswa-siswa SMK PGRI 1 Gresik juga telah unjuk gigi di berbagai lomba.Juara 3 “LOMBA MATA PELAJARAN BAHASN INGGRIS antar siswa Sekolah PGRI sejatim” atas nama M.Ubaidillah.Juara 2 dalam “LOMBA MATA PELAJARAN MATEMATIKA” dalam kejuaraan yang sama atas nama Ginanjar Sasmita pada tahun 2011. Pada tahun yang sama siswa SMKPGRI 1 Gresik atas nama Amang Abdurrahman juga behasil meraih juara 2 dalam lomba karya ilmiah tingkat kabupaten Gresik dalam event “JAWARA SMK 2011”Dan masih banyak prestasi-prestasi di bidang lainnya yang belum memungkinkan untuk dimuat dalam tulisan yang singkat ini.

Di bidang sosial,SMK PGRI 1 Gresik sangat peduli terhadap nasib kaum dhuafa,khususnya anak-anak yatim,piatu yang tidak mampu.Berbagai kebijakan dan santunan telah diberikan kepada anak-anak yatim,piatu serta anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.Kebijakan-kebijakan tersebut anatara lain:

1.Pembebasan semua biaya  sekolah dan pemberian makan siang bagi anak-anak yatim,piatu yang tergabung dalam tim Adiwiyata.

2. Pembebasan biaya sekolah (SPP) dan pemberian makan siang bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu yang tergabung dalam tim Adiwiyata.

3. Pemberian bantuan keringanan biaya sekolah (SPP) sebesar Rp 135.000. perbulan bagi siswa yatim.piatu,dari keluarga yang kurang mampu.

4. Pemberian bantuan keringanan biaya sekolah (SPP) sebesar Rp 100.000. perbulan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu.

5. Pemberian santunan bagi anak-anak yatim di luar siswa SMK PGRI 1 Gresik sebanyak 4 kali dalam 1 tahun. Dan masih banyak kegiatan social lainnya yang telah dilakukan oleh SMK PGRI 1 Gresik.Pemberian berbagai macam santunan dan kebijakkan untuk membantu anak-anakyatim,piatu serta anak-anak dari keluarga tidak mampu sudah menjadi tradisi yang berjalan bertahun-tahun.

Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri khususnya di wilayah Gresik,serta tuntutan dari Direktorat PSMK Depdiknas Jakarta,agar bisa menjadi sekolah Rujukan,saat ini SMK PGRI 1 Gresik telah memiliki 6 Program Studi yaitu:4 program studi  Teknik Permesinan,Teknik Kendaraan Ringan,Teknik Kimia Analis,dan Teknik Gambar Bangunan untuk Program lama,serta 2 Program Studi baru yaitu: Teknik Kimia Industri,dan Teknik Pengelasan.

Guna memenuhi semua kebuthan sarana dan prasarana dari semua siswa dan semua prodi yang ada,saat ini,SMK PGRI telah memiliki dua kampus yaitu kampus utama ada di jalan Dr.Sutomo 46 Gresik,dan kampus kedua ada di jalan Sunan Giri Gresik.Kampus 2 diperuntukan Ruang laboratorium TKA dan bengkel praktik TGB.dan TKR.

Berbagai macam kegiatan Ekstrakurikuler juga diadakan di sekolah ini,guna menyalurkan berbagai bakat dan minat anak-anak SMK PGRI 1 Gresik.Kegiatan Ekstra yang ada antara lain:Bela Diri Pamur dan Prisai Diri,Futsal,Basket,Hadrah,Seni Musik Band,Paduan Suara,Fotografer,serta Seni Teater.

Demikian sekilas tentang perjalanan SMK PGRI 1 Gresik mulai awal berdiri hingga kini yang telah mecapai usia yang ke 25 tahun.Kita semua berharap dan berdoa semoga ke depan SMK PGRI 1 Gresik semakin Jaya dengan mendapat kepercayaan yang tinggi dari semua Stikholder,serta semua Pendidik dan Tenaga kependidikan yang ada di SMK PGRI 1 Gresik dapat mengemban amanah dari masyarakat yang menitipkan anak-anaknya untuk dididik di Sekolah ini. SELAMAT SEMOGA SUKSES PENUH RIDHA, RAHMAT DAN BERKAH ALLAH SWT. AMIN (SPT)

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!