Bupati Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) akan membangun akses penghubung antarkecamatan di Kabupaten Gresik. Harapannya infrastruktur tersebut bisa memudahkan koneksi masyarakat antarwilayah. Rencana tersebut disampaikan Gus Yani pada acara Gowes Berdesa di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Sabtu pagi (13/2/2021).

Sebab, seperti keluhan masyarakat, banyak akses jalan desa di kawasan Kabupaten Gresik yang rusak dan tidak layak. “Akan ada perbaikan dan penguatan infrastruktur jalan dan jembatan sebagai jalur alternatif. Seumpama menghubungkan Kecamatan Duduk, Benjeng dan Cerme,” ujarnya.

Khusus insfrastruktur jalan dan jembatan, pihaknya punya harapan bisa dituntaskan secepat-cepatnya. Tujuannya agar tidak ada lagi keluhan jalan kabuoaten maupun pedukuhan yang rusak.

“Kayak saat ini jalan poros Sumari ke Gredek rusak parah,” katanya. Top 5, Gereja di Sri Lanka Dibom hingga Bupati Madina Mundur Bila sudah terhubung beberapa kecamatan, lanjut Gus Yani, akan ada infrastruktur pendukung, di antaranya, tempat pengolaan sampah (TPA) terpadu.

“Saya sudah komunikasi dengan pihak-pihak pengelola sampah modern. Selain untuk upaya zero sampah plastik, juga menyerap tenaga kerja lokal,” katanya.  Tak hanya itu, dia juga tengah merancang konsep membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di kecamatan, sehingga, sampah tidak lagi terkonsentrasi di TPA Ngipik yang lahannya masih sewa. 

Diketahui, gowes diawali dari depan Balai Desa Sumari, Duduksampeyan. Melintasi jalan poros desa menuju Gredek. Jalan berpaving itu rusak parah. Pavingnya tidak beraturan, berlubang dan digenangi air. Setelah itu, masuk Desa Gredek. 

Di sepanjang perjalanam, pria yang kerap disapa Gus Yani itu sesekali menyempatkan mampir ke tokoh-tokoh masyarakat. Bahkan, dia juga mampir ke bank sampah yang sebulannya menghasilkan Rp9 juta. Gowes Berdesa pun finish di tanggul telaga. Saat itulah puncak gowes. Gus Yani mendengarkan semua keluh kesah warga, mulai dari pengelolaan sampah hingga jalan rusak. “Jalannya itu rusak Pak Bupati. Apalagi yang jalur Gedang Kulut di Cerme, parah,” ujar Kepala Desa Gredek, Bahrul Ghofar.

Sumber INews

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!