Perhitungan hasil Pilkada Gresik di tingkat KPUD Gresik baru saja selesai Kamis (17/12). Pasangan nomor urut 2 Fandi Akhmad Yani – Aminatun Habibah (NIAT) unggul dengan 369.884 suara. Sedangkan pasangan Moh. Qosim – Asluchul Alif (QA) mendapatkan 355.611 suara.

Total jumlah surat suara yang masuk 745.229 dengan rincian 725.455 suara sah dan 19.744 suara tidak sah. Total DPT (Daftar Pemilih Tetap) kabupaten Gresik 918.192 orang.

Ada yang beberapa fakta menarik dalam pilkada Gresik tahun 2020, berikut diantaranya :

  1. Tingkat partisipasi pemilih tertinggi di Jawa Timur dan sepanjang sejarah pemilu di Gresik; berdasarkan data yang masuk, tingkat partisipasi pilkada 2020 mencapai 80 %.
  2. Bupati Gus Yani merupakan Bupati Termuda di Gresik; Saat ini Gus Yani berusia 35 tahun tepatnya kelahiran 28 Juni 1985, dibandingkan bupati sebelumnya Fandi Ahmad Yani atau Gus Yani merupakan bupati termuda.
  3. Wakil Bupati perempuan pertama di Gresik; Aminatun Habibah atau biasa dipanggil Bu Min merupakan wakil bupati perempuan pertama dalam sejarah perhelatan Pilkada di Gresik.
  4. Dilaksanakan saat pandemi dengan protokol kesehatan; Sejak tahapan pertama pilkada mulai pendaftaran hingga pemilihan di TPS serta perhitungan. Tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, yaitu menggunakan protokol kesehatan yang ketat.
  5. Saling Klaim Kemenangan ; yang menarik karena memang selisih kemenangan hanya 2 % sehingga saat 9 Desember kedua calon saling deklarasi kemenangan.
  6. Dukungan Partai dan Elemen Masyarakat Terbesar Kepada Gus Yani ; Pasangan Gus Yani tercatat memiliki dukungan yang sangat banyak dari elemen pertai seperti Nasdem, PDI,Demokrat, PPP, PAN, Golkar, PKS, dan berbagai elemen organisasi masyarakat lainnya yang cukup banyak
  7. Pertama Kali di Gresik Pilkada hanya dua calon; bila melihat sejarah pilkada tahun sebelumnya langsung dua calon maka tahun ini adalah yang pertama, kalau sebelumnya ada dua calon tetapi harus melewati putaran pertama terlebih dahulu.
  8. Ketua KPUD sempat terkena Covid ; saat melalui tahapan pemeriksaaan kesehatan calon pasangan awal September 2020, Ahmad Roni yang juga ketua KPUD positif dinyatakan positif Covid.

Demikian beberapa fakta menarik pilkada Gresik 2020, semoga Kabupaten Gresik bisa lebih modern dan maju lagi untuk mensejahterakan warganya.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!