INIGRESIK.COM – Ada kabar yang kurang enak, Indeks Kualitas Udara di Gresik Terburuk di Jawa Timur, berikut penjelasannya.

Agar tidak salah faham berikut berita tentang Indeks Kualitas Udara Gresik yang terhitung sangat buruk, buktina menjadi yang terburuk di Jawa Timur.

Emisi yang dibuang akibat aktivitas industri di Gresik cukup tinggi. Itu pun diakui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Gresik. Bahkan, pada 2019, berdasar indeks kualitas udara (IKU) yang diukur Badan Lingkungan Hidup Pemprov Jatim, Gresik memiliki IKU terburuk se-Jawa Timur. Yakni, berada di angka 65,81.

Baca juga: Cara Download dan Melihat Sertifikat Vaksin Pertama dan Kedua Via PeduliLindungi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Gresik Mokh. Najikh menyatakan, saat ini IKU di Gresik memang cukup tinggi. Nilainya sekitar angka 70.

Namun, berdasar surat edaran menteri lingkungan hidup, angka IKU Gresik masih berada di bawah ambang batas. ’’Memang tidak bisa dimungkiri, dengan banyaknya industri di Gresik, IKU juga tinggi. Terutama di beberapa wilayah dengan padat industri,’’ ungkap Najikh dikutip dari Jawa Pos 11 September 2021

Sebetulnya, jelas Najikh, ada solusi untuk mengurangi tingkat pencemaran udara tersebut. Yakni, menerapkan industri hijau dengan memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH).

Sayang, surat terkait permintaan penambahan RTH di lingkungan perusahaan dari DLH itu belum ditindaklanjuti serius.

Baca juga: 5 Cara Instalasi Mudah WhatsApp Pada PC Anda, Sekarang Bisa Multi Perangkat

’’Kami sudah surati terkait RTH itu. Memang kami akui, RTH sebagai penyeimbang kualitas udara di Gresik ini masih sangat kurang, baik di perusahaan maupun di perkotaan,’’ jelasnya.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!