Kabupaten Gresik kembali dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021. Keputusan itu didapat saat acara penghargaan Kabupaten Kota Layak Anak 2021 bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) yang berlangsung di Jakarta.

Penghargaan tersebut rencananya diserahterimakan di Jakarta pada pekan kedua September 2021. Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengikuti jalannya acara secara virtual dari Ruang Graita Eka Praja Pemkab Gresik. Bersama Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kabupaten Gresik Adi Yumanto dan jajarannya.

Setelah upacara penganugerahan penghargaan tersebut, Wabup menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik serta semua pihak yang telah membantu dan mendukung Gresik sebagai kabupaten layak anak. ’’Terima kasih kepada para gugus tugas KLA dan semua stakeholder yang selama ini telah bersinergi dan mendukung mewujudkan Gresik sebagai kabupaten layak anak,’’ ucap dia.

Baca juga: Download Logo HUT ke-76 RI Format JPEG, PNG, AI Beserta Maknanya

Dia bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani siap mendukung program nasional, yakni mewujudkan Indonesia Layak Anak (Idola) pada 2030. Itu, ujar Aminah, juga menjadi program prioritas Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam sambutannya.

Atas capaian sebagai KLA, Kabupaten Gresik sudah memenuhi 24 indikator yang mencerminkan lima klaster hak anak. Yakni, pemenuhan hak sipil dan kebebasan hak anak, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, serta pemanfaatan waktu luang, kegiatan budaya, dan perlindungan khusus.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas KBPPPA Adi Yumanto menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah. Pihaknya bergerak aktif dalam melakukan upaya dan inovasi serta pengembangan untuk memastikan bahwa anak-anak terlindungi dan terpenuhi hak-haknya.

Baca juga: Penyelundupan Rokok Ilegal di Gresik Berhasil Digagalkan Bea Cukai

Salah satunya, berkolaborasi bersama PKK Kabupaten Gresik dalam memastikan tumbuh kembang anak di lingkungan keluarga. ’’Sebab, kesehatan fisik dan psikis anak menjadi refleksi untuk menyiapkan generasi masa depan bangsa dan negara,’’ ucapnya.

Pin It on Pinterest

Share This

Share This

Share this post with your friends!