Kabar bagus bagi kita yang biasa lupa dan susah menghafal ? Sebuah latihan singkat yang ditemukan dari hasil studi peneliti Manchester Metropolitan University Hanya perlu waktu 30 detik untuk melakukannya.

Menurut studi tersebut, gerakan mata horizontal mengaktifkan saraf-saraf di otak. Gerakan mata ke kanan mengaktifkan otak kiri, sedangkan gerakan mata ke kiri akan mengaktifkan otak kanan. Pengaktifan kedua bagian otak melalui gerakan mata tersebut membuat komunikasi di otak menjadi lebih baik untuk mengingat.

Dalam penelitian tersebut, Parker meminta 102 siswa untuk mengingat 15 kata. Setelah mendengar keseluruhan kata, sepertiga partisipan diminta menggerakkan mata ke kanan dan kiri. 
Ternyata kemampuan mengingat siswa yang menggerakkan mata ke kanan dan ke kiri lebih baik dibandingkan siswa yang menggerakkan mata ke atas dan ke bawah maupun yang tidak menggerakkan mata sama sekali.

Jika penelitian tersebut dilakukan di Inggris, kesimpulan yang sama juga dinyatakan oleh Psikolog dari University of Toledo, Amerika Serikat (AS), Stephen Christman.

“Gerakan mata bisa membantu orang untuk mengidentifikasi sumber paling benar di ingatan mereka,” kata Stephen seperti dikutip Liputan6 dari Live Science, Kamis (23/7/2015). 

Kendati demikian, Parker mengatakan manfaat menggerakkan mata ke kanan dan ke kiri dalam hubungannya dengan kekuatan ingatan tersebut perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut. Sehingga dapat dipahami korelasi gerakan mata dengan daya ingat. 
Sumber : Liputan 6 | beda


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});