Gresik – Tahukah anda kalau hari ini adalah Hari Batik? Ternyata ada yang belum tau kalau hari ini 2 Oktober adalah Hari Batik.

Sejarah hari batik berawaln ketika Tanggal 2 Oktober tahun 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). 

Bahkan menurut wikipedia, tanggal ini tidak hanya diperingati sebagai Hari Batik nasional, namun juga UNESCO menetapkan sebagai hari batik sedunia.

UNESCO menulis dalam situs resminya, batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

Batik juga ada yang dari Gresik, dan ternyata berbagai model dilahirkan dari Kota Santri ini, seperti motif damarkurung, morif bandeng, atau juga motif rusa bawean, berikut kami lampirkan beberapa model batik khas Gresik
 Batik Gresik Sumber Fitinline.com
 Batik Motif sisik Bandeng Gresik
 Batik Gresik Motif Rusa Bawean
 Batik Gresik Motif Damar Kurung
Hasil Lomba Batik 2012 – Tema Jubung, Ayas, Bandeng Karya Nur Farida


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sumber : fitinline.com | Tempo | GresikKab