Desa Kemangi merupakan desa yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian nelayan kerang, hal itu tidak dapat dipungkiri walaupun sekarang letaknya jauh dari laut, tetapi fakta membuktikan pada zaman dahulu desa Kemangi berada dekat dengan laut, tepatnya desa kemangi dahulu terletak di pesisir laut. 
Wisata Desa Kemangi
Wisata Perahu Murah di Gresik
Nama Kemangi diambil dari kata KEMANGEN yang dalam bahasa sangsekerta berarti Pangkalan/ Pesisir.Yang karena letaknya dekat dengan laut dan berada di pesisir pantai maka dalam penyebaran agama Islam Desa Kemangi merupakan desa dengan penyebaran agama Islam yang tertua diwilayah Kecamatan Bungah, bahkan masjid yang dibangun merupakan masjid tertua di Bungah setelah Masjid Jami’ Kyai Gede Bungah. 
WISATA TWIN LAKE 
Sejak 14 Oktober 2019 Desa Kemangi memiliki tempat wisata yang unik, telaga desa yang sudah ada sejak dulu dimanfaatkan sebagai lokasi wisata. Karena memiliki dua telaga besar dan mirip maka dinamakan telaga kembar, atau bahasa kerennya twin lake.

RUTE Wisata Twin Lake
Untuk menuju kesini diperkirakan butuh waktu sekitar 30 menit dari Gresik kota melalui jalur utara atau Pantura. Setelah ada gapura bertuliskan Desa Kemangi lalu masuk sekitar 300 meter mengikuti panduan arah.
TIKET WISATA
Untuk masuk ke wisata ada karcis seharga 5000 sudah termasuk biaya naik perahu yang langsung dipandu oleh penjaga disana. Untuk biaya parkir seharga 200- rupiah.
WAHANA TWIN LAKE
Secara sepintas masih belum sempurna beberapa wahana seperti yang tertera dalam spanduk. Dari pantauan kami sudah ada wahana yang sudah siap antara lain beberapa lokasi instagramable, beberapa saung dari bambu yang terletak di beberapa sudut, perahu bambu dan perahu fiber (bebek-bebekan). Pengunjung juga bisa menikmati kuliner disekitar lokasi yang menjual makanan.
Beberapa wahana yang rencana dibangun antara lain flying fox, kolam renang, lokasi untuk kemah, dan beberapa lainnya. Berikut pantauan videonya