Sebuah insiden menimpa Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia II yang tenggelam di Selat Bali, Jumat (4/3/2016). KM Rafelia dikabarkan berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, menuju Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur, pukul 12.50 WIB.
Berdasarkan video berdurasi 1 menit 10 detik yang diunggah salah seorang netizen memperlihatkan detik detik kapal menjelang tenggelam, Dari video tersebut terlihat kapal berlayar normal layaknya kapal lainnya.
Namun, tiba-tiba kapal itu miring ke arah kiri lalu terbalik.
Beberapa warga yang melihat kejadian itu nampak berteriak histeris.
Kejadian itu berlangsung sangat cepat. 
Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab pasti tenggelamnya KMP yang baru beroperasi di lintas penyeberangan Ketapang – Gilimanuk tersebut.
Kapolsek Gilimanuk, AKP Anak Agung Gede Arka membenarkan adanya peristiwa tenggelamnya KMP Rafelia II di Selat Bali tersebut.
“Tadi berangkatnya dari pelabuhan Gilimanuk pukul 13.10 WITA dan tenggelamnya di dekat pelabuhan Ketapang pada pukul 13.30 WITA,” katanya seperti dikutip dari tribunnews

“Saya masih tunggu koordinasi dengan pihak Polsek Banyuwangi untuk mengetahui apakah ada korban jiwanya atau bagaimana,” pungkas Arka ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya siang ini

sumber : tribunnews , okezone