INIGRESIK.COM – Pakcoy adalah salah satu jenis sayuran yang masih sekeluarga dengan brokoli, kubis, dan kembang kol. Sayuran ini memiliki bentuk yang cukup serupa dengan sawi hijau.

Menariknya, Pakcoy adalah pilihan bagus untuk anda yang sedang diet! Bagaimana tidak, dalam satu cangkir Pakcoy, hanya mengandung 9 kalori. Meski demikian, Pakcoy memiliki kadar gizi yang cukup lengkap. Sebut saja Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, Serat, Zat Besi, dan lain-lain ada di dalam tubuh Pakcoy.

Bahkan, sayuran ini meraih peringkat 6 dalam kategori buah dan sayuran padat gizi yang ditetapkan oleh Aggregate Nutrient Density Index (ANDI), seperti dilansir dari Medical News Today. Satu hal yang tak kalah menarik, Pakcoy ternyata bisa ditanam di rumah kawan-kawan serta bisa panen hanya dalam waktu satu bulan.

BACA JUGA

Bagaimana ? Tertarik untuk menjadikan Pakcoy sebagai hidangan anda sehari-hari ? Berikut tipsnya kami kutip dari channel youtube Pudak TV

Berikut 6 Cara Menanam Pakcoy dengan Teknik Hidroponik!

  • Persiapan Alat dan Bahan Hidroponik
  • Kamu harus siapkan beberapa alat dan bahan yang sesuai dengan Teknik hidroponik yang akan digunakan. Pada kesemapatan ini, kita menggunakan system rakit apung. Sehingga alat dan bahan yang kita berlukan adalah rockwool sebagai media tanam, bibit Pakcoy dalam bentuk biji, netpot, nutrisi hidroponik, dan alat pengukur pH, serta bak berisi air untuk system hidroponik rakit apung

    • Tahap Penyemaian Bibit Sawi Pakcoy

    Selanjutnya, celupkan bibit Pakcoy ke dalam air, lalu angkat dan bungkus menggunakan tisu atau kain yang basah. Selama 1-2 hari, biji akan pecah. Cara ini akan membuat Pakcoy lebih mudah tumbuh.

    Setelah itu, potong media tanam ata rockwool menjadi 2×2 cm serta jangan lupa untuk memberi sedikit lubang di tengahnya. Kemudian, masukkan satu biji berkecambah ke dalam satu lubang tanam.

    Lalu, basahi rockwool dengan air dan simpan pada tempat teduh dan tertutup. Untuk penyiraman, lakukan selama dua kali sehari dengan catatan jangan sampai media tanam menjadi terlalu becek. Setelah kecambah muncul, kamu bisa pindahkan ke lokasi yang terkena sinar matahari langsung.

    • Tahap Pemidahan Bibit Pakcoy Hidroponik

    Sebenarnya, masa terbaik untuk melakukan pemindahan tanamna adalah saat sudah ada dua daun sejati dalam satu bibit Pakcoy. Akan tetapi, kamu juga bisa langsung memindahkan ketika daun sejati sudah muncul. Menariknya, ada dua langkah yang bisa kamu pilih.

    Pertama, kamu bisa meletakkan rockwool ke dalam netpot, setelah itu baru meletakkannya ke system hidroponik rakit apung. Atau, kamu juga bisa lakukan cara kedua, yaitu melektakkan rockwool secara langsung di bak karena ia akan mengapung. Hasilnya, bila tanpa netpot, maka Pakcoy bisa tumbuh dengan lebih leluasa.

    Baca juga: Silsilah Kanjeng Sepuh Sidayu atau Pangeran Haryo Suryodiningrat

    • Mengatur Nutrisi Sawi Pakcoy Hidroponik

    Oleh karena kamu tidak menanam Pakcoy di tanah, maka kamu harus memberi nutrisi secara manual. Tapi tenang saja, kamu bisa memberi nutrisi hidroponik dari sampah organic! Di sisi lain, kamu juga harus mengatur keasaman air pada kisaran 6-7. Bilamana menggunakan air PDAM yang biasanya memiliki pH hingga 8,5, kamu cukup menurunkannya dengan menambahkan asam sulfat ke dalamnya.

    Pin It on Pinterest

    Share This

    Share This

    Share this post with your friends!