Ada banyak cara untuk memeriahkan dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan parade lomba musik patrol sahur. Hari ini (16/6) MUI Gresik bekerjasama dengan asosiasi yatim menggelar aksi menyambut bulan Ramadhan dengan parase lomba musik patrol sahur. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan start di Alun-alun kota Gresik. Terlihat beberapa spanduk mengenai kampanye menyambut datangnya bulan suci Ramadhan beserta kostum yang sangat menarik. 


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tak hanya itu, dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan pemerintah Gresik mengeluarkan edaran berisi peraturan tentang keharusan mengenakan busana muslim bagi pramuniaga tak terkecuali penjaga counter, toko, mall, warung, rumah makan, dan sebagainya di seluruh wilayah kabupaten Gresik. Langkah berani ini juga diikuti keluarnya edaran nomor 451/109/437.13/2015nuntuk menghimbau dengan keras pengelolah restoran, rumah makan, maupun warung untuk tidak buka di siang hari 

Menyambut datangnya Ramadhan juga dimanfaatkan mayoritas masyarakat muslim untuk menziarahi dan membersihkan makam para leluhur maupun kerabat dekat. Terpantau setiap tahunnya akan terjadi kepadatan lalu lintas di beberapa titik pemakaman Islam salah satunya di pemakaman Islam Tlogopojok di jalan Gubernur Suryo. Tradisi ini menjadi keberkahan tersendiri bagi penduduk sekitar untuk mengais rizky dengan menjual beberapa keperluan untuk pembersihan makam maupun kuliner. Tradisi ini biasa disebut dengan istilah Padusan. 
Selain itu di bukit Condrodipo, Giri juga akan dilaksanakan Rukyatul hilal untuk melihat bulan baru sebagai pertanda pergantian bulan dengan syarat batas minimum melebihi 2o. Pelaksanaan ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menentukan awal Ramadhan dan awal Syawal. Hasil Rukyatul hilal yang dilakukan oleh berbagai ormas Islam yang dikomandoi Lajnah Falakiyyah Nahdhatul Ulama (LF NU) ini nantinya akan diinformasikan kepada Kementrian Agama RI yang nantinya akan dibahas pada sidang Isbat penentuan awal Ramadhan. Untuk penentuan awal Ramadhan dan akhir Ramadhan tunggu hasil sidang Isbat Kementrian Agama RI sebagai lembaga resmi yang berhak menetukan datangnya atau berakhirnya bulan Ramadhan. Selamat Menyambut bulan suci Ramadhan.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});